Tutorial Online 23 Maret - 17 Mei 2020. Unggah Karya Ilmiah 4 Mei - 8 Juni 2020. Ujian Akhir Semester dan Ujian Tugas Akhir Program 14, 20 dan 21 Juni 2020. Pengumuman Nilai Mata Kuliah 26 Agustus 2020

Latihan Soal Ujian UT EKMA4567 Perilaku Konsumen Modul 1 beserta Pembahasannya

 on Thursday, July 4, 2019  

Latihan Soal Ujian UT EKMA4567 Perilaku Konsumen

EKMA4567 Perilaku Konsumen
EKMA4567 Perilaku Konsumen

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat!

1) Seseorang yang memanfaatkan, memakai, membeli, menggunakan, dan menghabiskan hasil jasa atau barang dari produsen disebut dengan ….
A. pelaku Usaha
B. konsumen
C. distributor
D. pemasar

B. konsumen
Konsumen sering dikaitkan dengan pemanfaatan suatu jasa atau barang. Konsumen juga sering diartikan sebagai seseorang yang memanfaatkan, memakai, membeli, menggunakan, dan menghabiskan hasil jasa atau barang dari produsen. Selain itu, berbicara tentang konsumen juga erat kaitannya dengan pemenuhan kebutuhan, kepuasan konsumen, kualitas produk, proses seleksi produk, frekuensi konsumsi, loyalitas, harga produk, atau keputusan pembelian. 

2) Interaksi yang dinamis antara afeksi, kognisi, perilaku, dan lingkungan dimana manusia melakukan pertukaran berbagai aspek dalam kehidupannya merupakan definisi perilaku konsumen menurut….
A. Peter dan Olson (2010)
B. Engel, Blackwell, dan Miniard (1995)
C. Schiffman dan Kanuk (2010)
D. Blythe (2008)

D. Blythe (2008)
Definisi lain dari perilaku konsumen menurut Blythe (2008) adalah interaksi yang dinamis antara afeksi, kognisi, perilaku, dan lingkungan dimana manusia melakukan pertukaran berbagai aspek dalam kehidupannya.

3) Seseorang cenderung membuat pertanyaan dengan acuan…
A. 5W+1H
B. 4P
C. 4W + 1 H
D. 5W

A. 5W+1H
Dalam meneliti atau mengamati tentang perilaku konsumen, seseorang cenderung membuat pertanyaan dengan acuan 5W+1H. Demikian pula dalam perilaku konsumen, pertanyaan siapa (who), mengapa (why), kapan (when), apa (what), punya siapa (whose), dan bagaimana (how) untuk memahami perilaku konsumen. 

4) Selain faktor biologis faktor apalagi yang membuat persamaan perilaku konsumen di Dunia dengan contoh jam tangan merek Rolex, yaitu faktor….
A. merek
B. iklan
C. harga
D. promosi

A. merek
Terkadang, adanya persatuan di dunia bukan saja oleh faktor agama, tetapi juga dapat dipersatukan oleh merek. Sebagai contoh merek produk barang mempersatukan orang adalah ketika kita berbicara tentang merek jam tangan Rolex. Orang Amerika, orang Australia, orang Eropa, ataupun orang Indonesia mempunyai image yang sama tentang merek Rolex

5) Ilmu yang diturunkan dari perilaku konsumen adalah teori …
A. pembelajaran sosial
B. ekonomi mikro
C. sosial
D. sosial politik

B. ekonomi mikro
Perilaku konsumen merupakan ilmu yang diturunkan dari teori ekonomi mikro. Salah satu teori ekonomi membahas tentang teori permintaan di mana permintaan adalah perilaku konsumen. Ketika seseorang melakukan pembelian atau permintaan hal tersebut juga dapat dikatakan sebagai perilaku konsumen di mana permintaan dipengaruhi oleh harga

6) Model keputusan konsumen dibedakan menjadi tiga, yaitu perspektif ……
A. perencanaan, pembelian, dan kepuasan
B. terencana, setengah terencana, dan tidak terencana
C. afektif, kognitif, dan konatif
D. pengambilan keputusan, eksperiensial, dan pengaruh perilaku

D. pengambilan keputusan, eksperiensial, dan pengaruh perilaku
Model keputusan konsumen dapat dibedakan menjadi tiga, yakni berdasarkan perspektif pengambilan keputusan, perspektif eksperiensial, dan perspektif pengaruh perilaku. Perspektif yang pertama yang perlu diperhatikan adalah perspektif pengambilan keputusan. Konsumen sebagai individu yang memiliki masalah kemudian mencoba memecahkan masalah tersebut, salah satunya dengan melakukan pembelian barang atau jasa. Perspektif yang kedua disebut dengan perspektif eksperiensial atau pengalaman. Perspektif ini melihat individu memutuskan sesuatu bukan karena rasional. Dalam perspektif eksperensial individu melakukan beberapa hal, seperti membandingkan biaya atau membandingkan manfaat untuk keuntungan pribadinya berdasarkan emosional. Selanjutnya, terdapat perspektif pengaruh behavioral (perilaku) di mana pembelian produk dipengaruhi bukan oleh rasionalitas atau karena suatu hubungan emosi melainkan adanya pengaruh orang lain, seperti orang tua, atau pengaruh budaya, atau bahkan pengaruh lingkungan. 

7) Penerapan perilaku konsumen dapat dilakukan untuk strategi pemasaran atau konsep pemasaran dan taktik pemasaran untuk mengubah dan menciptakan perilaku konsumen yang memiliki pengaruh yang positif kepada

sekelompok individu atau masyarakat yang sering disebut dengan pemasaran ….
A. komersial
B. ekonomi
C. insentif
D. sosial

D. sosial
penerapan strategi pemasaran atau konsep pemasaran dan taktik pemasaran untuk mengubah dan menciptakan perilaku konsumen yang memiliki pengaruh yang positif kepada sekelompok individu atau masyarakat.

8) Konsumen dan pertukaran merupakan dua konsep utama dari studi ….
A. perilaku konsumen
B. perilaku pembelian
C. perilaku terencana
D. kepuasan konsumen

A. perilaku konsumen
Studi perilaku konsumen memiliki dua konsep utama yaitu konsumen dan pertukaran. Konsumen merupakan fokus perhatian dalam studi perilaku konsumen. Studi perilaku konsumen mempengaruhi bagaimana konsumen melakukan proses keputusan. Studi perilaku konsumen dilakukan dari berbagai perspektif meliputi pskiologi, ekonomi, sosiologi dan antropologi. Pertukaran adalah konsep penting kedua dari perilaku konsumen. Konsumen akan melakukan proses pertukaran dari sesuatu yang mereka miliki yang akan dipertukarkan oleh barang dan jasa yang dapat memenuhi kebutuhan prodak yang memenuhi kebutuhan konsumen.

9) Perilaku konsumen berfokus terhadap bagaimana seseorang membuat keputusannya dalam menghabiskan sumberdaya yang dimiliki untuk membeli atau mengkonsumsi suatu produk/jasa. Sebutkan sumberdaya yang dimaksud, kecuali …
A. waktu
B. usaha
C. uang
D. rasa

D. rasa
Perilaku konsumen melibatkan bagaimana konsumen memutuskan dan menghabiskan waktu dan uang mereka untuk membeli dan mengonsumsi produk dan jasa yang memuaskan kebutuhan mereka. Selain itu, perilaku konsumen juga menggambarkan bagaimana konsumen pengambil keputusan berusaha mempengaruhi konsumen, pemasar, dan peraturan perundangundangan.

10) Termasuk kategori apakah dalam perilaku konsumen bilamana ada seseorang membeli barang/jasa untuk keperluan dirinya, keperluan rumahtangganya, dan untuk hadiah temannya….
A. pribadi konsumen
B. komunitas konsumen
C. organisasi konsumen
D. kelompok konsumen

A. pribadi konsumen

11) Kegiatan belanja dan konsumsi yang dilakukan oleh konsumen secara rutin setiap hari atau seminggu sekali menggambarkan bahwa konsumen melakukan ….
A. evaluasi
B. pembelian ulang
C. pengambilan keputusan
D. proses pencarian informasi

C. pengambilan keputusan
Kegiatan belanja dan konsumsi yang dilakukan oleh konsumen secara rutin setiap hari atau seminggu sekali menggambarkan bahwa konsumen melakukan pengambilan keputusan atau proses keputusan.

12) 4P merupakan model pertama dari model ….
A. pemasaran/bauran pemasaran
B. sikap konsumen
C. keputusan pembelian
D. pembelian

A. pemasaran/bauran pemasaran
Blythe (2008) menyatakan bahwa salah satu aplikasi penting dari pemasaran adalah pada bauran pemasaran. Manajemen pemasaran dapat dipandang sebagai sebuah pengelolaan untuk mengendalikan bauran pemasaran. Model pemasaran atau model bauran pemasaran pertama yang disebut dengan 4P pertama kali dikemukakan oleh Makarti pada tahun 1960. Beberapa peneliti memberikan konsep bauran pemasaran sebelum maupun sesudah tahun 1960. 4P mencakup product, price, place, dan promotion

13) Tahap pertama yang dilakukan untuk melakukan strategi pemasaran adalah melakukan analisis …
A. konsumen
B. pasar
C. penjualan
D. sikap

B. pasar
Tahap pertama adalah melakukan analisis pasar yaitu analisis konsumen, analisis lingkungan, analisis bersaing dan analisis perusahaan. Setelah memahami pasar maka selanjutnya konsumen melakukan segmentasi pasar. Setelah memahami pengelompokan pasar maka selanjutnya konsumen merumuskan strategi pemasaran dalam perspektif pemasaran, yaitu bauran pemasaran dengan merumuskan produk, harga, distribusi, promosi.

14) Memahami kekuatan dan kelemahan perusahaan dari sumberdaya manusia dan teknologi yang dimilikinya serta budaya dan sistem kerja yang telah dibangunnya/perusahaan harus memahami sepenuhnya kemampuannya untuk memenuhi kebutuhan konsumen disebut dengan analisis ….
A. perusahaan
B. kepuasan konsumen
C. pembelian
D. pemasaran

A. perusahaan
Analisis perusahaan adalah memahami apa kekuatan dan kelemahan perusahaan dari sumberdaya manusia dan teknologi yang dimilikinya serta budaya dan sistem kerja yang telah dibangunnya. Perusahaan harus memahami sepenuhnya kemampuannya untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Perusahaan harus mengevaluasi semua aspek dari perusahaan yang meliputi kondisi keuangan, keahlian utama yang dimilikinya,kemampuan berproduksi, kemampuan penelitian dan pengembangan, dan penguasaan teknologi, reputasi, dan keahlian pemasaran. Perusahaan harus mampu mengembangkan produk baru. Perusahaan harus mampu melakukan saluran pemasaran dengan baik, memiliki kemampuan berkomunikasi dan merancang iklan, kemampuan memberikan pelayanan, serta kemampuan riset pemasaran, serta pengetahuan mengenai pelanggan dan pasar. 

15) Perjanjian Internasional seperti NAFTA (North American Free Trade Agreement) dapat meningkatkan …..
A. penjualan
B. pemberdayaan konsumen
C. persaingan
D. kerjasama

C. persaingan
Perjanjian internasional seperti NAFTA (North America Free Trade Agreement) bagi masyarakat Eropa telah mengurangi hambatan perdagangan internasional maupun regional dan meningkatkan persaingan dan harapan konsumen mengenai banyak produk komputer dan peralatan elektronik. Hal ini telah mengubah cara kerja seseorang dan industri yang baru.Pada intinya perusahaan tidak akan mampu membuat strategi yang baik tanpa mengantisipasi lingkungan dimana strategi itu akan dilakukan. 

16) Terdapat empat langkah dalam melakukan segmentasi, langkah kedua melakukan segmentasi yaitu dengan ….
A. mengidentifikasi sekelompok kebutuhan yang dikaitkan dengan produk
B. mengelompokkan pelanggan dengan kebutuhan yang sama
C. mendiskripsikan masing-masing kelompok
D. memilih segmen yang menarik untuk dilayani. Produk yang memenuhi sekelompok kebutuhan.

B. mengelompokkan pelanggan dengan kebutuhan yang sama
Ada 4 langkah dalam melakukan segmentasi yaitu:
1. Mengidentifikasi sekelompok kebutuhan yang dikaitkan dengan produk
2. Mengelompokan pelanggan dengan kebutuhan yang sama,
3. Mendiskripsikan masing-masing kelompok
4. Memilih segmen yang menarik untuk dilayani. Produk yang memenuhi sekelompok kebutuhan

17) Para pemasar menyadari bahwa lebih menguntungkan mempertahankan pelanggan yang ada daripada menggantikan pelanggan tersebut dengan pelanggan yang baru. Oleh sebab itu untuk mempertahankan pelanggan konsumen harus merasa ....
A. puas
B. loyal
C. bangga
D. enak

A. puas
Kepuasan pelanggan adalah output atau keluaran berikutnya. Para pemasar menyadari bahwa lebih menguntungkan mempertahankan pelanggan yang ada daripada menggantikan pelanggan tersebut dengan pelanggan yang baru. Mempertahankan pelanggan saat ini mengharuskan bahwa pelanggan selalu puas dengan produk yang mereka beli atau yang mereka gunakan karena itu kepuasan pelanggan adalah menjadi pusat perhatian pemasar. Pelanggan akan membeli sebuah merek atau produk ketika produk tersebut dipandang memberikan nilai yang lebih dibandingkan produk lainnya.

18) Konsep marketing yang mengasumsikan konsumennya akan membeli produk dengan pilihan kualitas terbaik, penampilan terbaik, dan fitur terbaik pula adalah ....
A. produksi
B. produk
C. penjualan
D. distribusi

B. produk

19) Konsep marketing yang mengasumsikan konsumennya lebih tertarik dengan produk yang lebih murah harganya adalah ….
A. produksi
B. produk
C. penjualan
D. distribusi

C. penjualan

20) Berikut ini merupakah contoh konsep penjualan atas suatu jasa, kecuali....
A. penjualan asuransi jiwa
B. pemilihan anggota dewan
C. penjualan mobil
D. penjualan saham perusahaan

C. penjualan mobil
Latihan Soal Ujian UT EKMA4567 Perilaku Konsumen Modul 1 beserta Pembahasannya 4.5 5 Bank Soal Universitas Terbuka Thursday, July 4, 2019 Latihan Soal Ujian UT EKMA4567 Perilaku Konsumen EKMA4567 Perilaku Konsumen Pilihlah satu jawaban yang paling tepat! 1) Seseor...



No comments:

Post a Comment