Tutorial Online 23 Maret - 17 Mei 2020. Unggah Karya Ilmiah 4 Mei - 8 Juni 2020. Ujian Akhir Semester dan Ujian Tugas Akhir Program 14, 20 dan 21 Juni 2020. Pengumuman Nilai Mata Kuliah 26 Agustus 2020

Latihan Soal Ujian UT ESPA4227 Ekonomi Moneter Modul 1 Beserta Pembahasannya

 on Tuesday, July 2, 2019  


Latihan Soal Ujian UT ESPA4227 Ekonomi Moneter

ESPA4227 Ekonomi Moneter
ESPA4227 Ekonomi Moneter

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat!

1) Persoalan pokok yang dipelajari dalam ekonomi moneter adalah ….

A. jumlah uang beredar
B. penerapan kebijakan fiskal
C. perdagangan internasional
D. stabilitas ekonomi makro

Jawaban : A. jumlah uang beredar
Ekonomi moneter merupakan bagian dari ilmu ekonomi, khususnya yang mempelajari tentang sifat, fungsi dan pengaruh uang terhadap kegiatan ekonomi.Adapun persoalan pokok yang dipelajari dalam ekonomi moneter adalah berkaitan dengan:
1. peranan dan fungsi uang dalam perekonomian;
2. sistem moneter dan pengaruhnya terhadap jumlah uang beredar dan kredit;
3. struktur dan fungsi bank sentral;
4. pengaruh jumlah uang beredar dan kredit terhadap kegiatan ekonomi;
5. pembayaran serta sistem moneter internasional.

2) Sistem tukar menukar barang dengan barang disebut sistem ….

A. barter
B. kurs
C. uang barang
D. perdagangan internasional

Jawaban :
A. barter
Barter adalah pertukaran atas suatu barang terhadap jenis barang yang lain. Dalam suatu pertukaran dengan menggunakan cara barter ini harus dipenuhi syarat berupa adanya kesamaan keinginan (double coincidence of wants) dari pihak yang terlibat barter. Menyamakan keinginan dari pihak-pihak yang terlibat barter ini tidaklah mudah, sehingga syarat ”double coincidence of want” ini sekaligus menjadi hambatan yang terjadi dalam transaksi dengan menggunakan cara barter ini.

3) Adanya double coincidence of want ditemukan dalam tahap ....

A. penggunaan uang logam
B. penggunaan uang kertas
C. penggunaan uang plastik
D. perdagangan internasional

Jawaban :
Tidak ada yang tepat
Dalam suatu pertukaran dengan menggunakan cara barter ini harus dipenuhi syarat berupa adanya kesamaan keinginan (double coincidence of wants) dari pihak yang terlibat barter. Menyamakan keinginan dari pihak-pihak yang terlibat barter ini tidaklah mudah, sehingga syarat ”double coincidence of want” ini sekaligus menjadi hambatan yang terjadi dalam transaksi dengan menggunakan cara barter ini.

4) Uang adalah sesuatu yang tersedia dan secara umum diterima sebagai alat pembayaran bagi pembelian barang-barang dan jasa-jasa serta kekayaan berharga lainnya serta untuk pembayaran utang. Definisi uang menurut ….

A. Pigou
B. Robertson
C. Thomas
D. Sayers

Jawaban :
C. Thomas
RG Thomas dalam bukunya Our Modern Banking, mengatakan bahwa uang adalah sesuatu yang tersedia dan secara umum diterima sebagai alat pembayaran bagi pembelian barang-barang dan jasa-jasa serta kekayaan berharga lainnya serta untuk pembayaran utang

5) Uang yang diciptakan oleh bank-bank umum disebut uang ....

A. kartal
B. giral
C. kuasi
D. demand deposit

Jawaban :
B. giral
Uang giral adalah uang yang diciptakan oleh bank-bank umum. Uang giral tercipta akibat semakin mendesaknya kebutuhan masyarakat akan adanya sebuah alat tukar yang lebih mudah, praktis dan aman. Di Indonesia, bank yang berhak menciptakan uang giral adalah bank umum selain Bank Indonesia.

6) Proses pencetakan uang ditentukan oleh ....

A. bank umum
B. bank asing
C. otoritas moneter
D. pemerintah

Jawaban :
C. otoritas moneter
Ada dua pandangan yang berbeda dalam hal pencetakan uang beredar. Pandangan pertama, berpendapat bahwa uang beredar sepenuhnya ditentukan oleh Otoritas Moneter atau Bank Sentral. Sedang pandangan kedua berpendapat bahwa selain Otoritas Moneter, lembaga lain seperti bank umum dan perilaku masyarakat ikut menentukan besarnya jumlah uang beredar. Jika sistem moneter perekonomian suatu negara terdiri dari bank sentral dan bank umum, proses pencetakan uang bukan hanya ditentukan oleh Otoritas Moneter, tetapi juga oleh lembaga perbankan atau Bank Pencetak Uang Giral (BPUG) dan perilaku masyarakat.

7) Perilaku masyarakat memegang uang dipengaruhi oleh ....

A. gaya hidup
B. kurs
C. permintaan uang
D. suku bunga

Jawaban :
D. suku bunga
Pengaruh perilaku masyarakat tercermin dari kemauan dan kepercayaan masyarakat untuk menggunakan uang kartal, uang giral, maupun uang kuasi. Salah satu variabel yang mempengaruhi perilaku masyarakat adalah tingkat bunga bank. Semakin tinggi tingkat bunga, semakin besar keinginan masyarakat untuk memegang uang kuasi. Dengan demikian, bank juga bisa mempengaruhi jumlah uang beredar melalui kebijakan tingkat bunga.

8) Jumlah uang beredar selain dipengaruhi oleh Bank Sentral melalui uang primer, juga dipengaruhi oleh ....

A. token money
B. uang barang
C. uang giral
D. uang logam

Jawaban : C. uang giral
jumlah uang beredar; baik uang dalam arti sempit (M1) maupun uang dalam arti luas (M2), selain dipengaruhi oleh Bank Sentral melalui uang primer, juga dipengaruhi seberapa besar uang giral maupun uang kuasi yang diciptakan oleh bank umum. Pengaruh perilaku masyarakat tercermin dari kemauan dan kepercayaan masyarakat untuk menggunakan uang kartal, uang giral, maupun uang kuasi.

9) Jumlah uang beredar dalam arti sempit disebut juga ....

A. token money
B. narrow money
C. broad money
D. full bodied money

Jawaban :
B. narrow money
Jumlah uang beredar dalam arti sempit (narrow money). Salah satu konsep uang yang penting dan banyak dikenal adalah pengertian uang dalam arti sempit. Uang dalam arti sempit ini terdiri dari uang kartal dan giral. Uang dalam arti sempit dinyatakan dengan simbol M1.

10) Perbandingan antara uang inti dengan uang beredar ditentukan oleh besaran ....

A. suku bunga
B. investasi
C. angka pengganda uang
D. rasio cadangan

Jawaban :
C. angka pengganda uang
Jumlah uang beredar biasanya lebih besar daripada uang inti. Berapa besar perbandingan antara uang inti dengan uang beredar, tergantung pada besar angka pengganda uang (multiplier of money).

Latihan Soal Ujian UT ESPA4227 Ekonomi Moneter Modul 1 Beserta Pembahasannya 4.5 5 Bank soal UT Tuesday, July 2, 2019 Latihan Soal Ujian UT ESPA4227 Ekonomi Moneter ESPA4227 Ekonomi Moneter Pilihlah satu jawaban yang paling tepat! 1) Persoalan...



No comments:

Post a Comment