Tutorial Online 23 Maret - 17 Mei 2020. Unggah Karya Ilmiah 4 Mei - 8 Juni 2020. Ujian Akhir Semester dan Ujian Tugas Akhir Program 14, 20 dan 21 Juni 2020. Pengumuman Nilai Mata Kuliah 26 Agustus 2020

Latihan Soal Ujian UT EKMA4414 Manajemen Stratejik KB 4 Beserta Kunci Jawaban

 on Friday, August 23, 2019  

Latihan Soal Ujian UT EKMA4414 Manajemen Stratejik KB 4 Beserta Kunci Jawaban

EKMA4414 Manajemen Stratejik KB 4


Pilihlah satu jawaban yang paling tepat!

1) Pendekatan yang paling populer dan sekaligus klasik yang digunakan dalam mengevaluasi kekuatan dan kelemahan perusahaan adalah pendekatan ….

A. Fungsional
B. Rantai Nilai
C. Unit Keunggulan Bersaing
D. 7-S

Jawaban.
A. Fungsional
Pendekatan fungsional adalah pendekatan yang pertama kali muncul dan paling banyak ditemukan dalam buku teks manajemen Strategik. Pendekatan ini paling sederhana, sehingga paling banyak digunakan dengan demikian menjadi pendekatan yang paling populer.


2) Manajemen pemasaran dan operasi, khususnya yang disebut pertama, diseyogiakan memiliki bobot relatif paling besar dibanding manajemen fungsional lainnya dalam penilaian kekuatan dan kelemahan perusahaan, ketika lingkungan bisnis dinilai ….

A. Relatif stabil
B. Tidak mengalami perubahan
C. Biasa-biasa saja
D. Dinamis

Jawaban.
D. Dinamis
Manajemen pemasaran dinilai memberikan sumbangan yang lebih besar, ketika intensitas persaingan terus meninggi dan ketidakpastian lingkungan bisnis meningkat.

3) Pendekatan dalam penilaian kekuatan dan kelemahan perusahaan yang membedakan aktivitas perusahaan ke dalam aktivitas pokok dan penunjang dinamakan pendekatan….

A. Unit Keunggulan Bersaing
B. PIMS
C. Rantai Nilai
D. 7-S

Jawaban.
C. Rantai Nilai
Pendekatan rantai nilai (value chain) membedakan aktivitas perusahaan dalam dua kelompok besar yaitu aktivitas pokok dan aktivitas penunjang.

4) Pendekatan penilaian yang paling progresif karena menganjurkan agar manajemen perusahaan memfokuskan pada salah satu atau beberapa keunggulan saja dan tidak membagi sumber daya dan dana yang dimiliki merata pada banyak variabel disebut sebagai pendekatan ….

A. Fungsional
B. Unit Keunggulan Bersaing
C. PIMS
D. Rantai Nilai

Jawaban.
B. Unit Keunggulan Bersaing
Pendekatan unit keunggulan bersaing didasari suatu premis yang menyatakan bahwa keunggulan bersaing tidak akan muncul jika perhatian manajemen dicurahkan pada semua jenis aktivitas yang ada. Hal ini tidak mungkin karena adanya keterbatasan daya dan dana.

5) Tahapan paling akhir yang paling banyak dipraktikkan dalam proses menentukan kekuatan dan kelemahan perusahaan adalah dengan membandingkan

variabel yang telah terpilih dengan ….

A. kekuatan dan kelemahan perusahaan di masa lalu
B. kekuatan dan kelemahan perusahaan dalam teori evolusi produk
C. kekuatan dan kelemahan pesaing
D. kekuatan dan kelemahan perusahaan terbaru

Jawaban.
C. kekuatan dan kelemahan pesaing
Perbandingan dengan pesaing merupakan pendekatan yang lebih banyak digunakan karena pendekatan yang didasari lebih banyak digunakan karena pendekatan yang didasari oleh pengalaman manajerial perusahaan lebih sulit dilakukan untuk mengenali kelemahan dan keunggulan perusahaan.

6) Kepemimpinan dalam perusahaan dinilai berkarakter pasif dilihat dari aspek keuangan jika menempatkan penilaian risiko bisnis dan keamanan investasi sebagai variabel yang ….

A. tidak relevan
B. tidak penting
C. biasa saja
D. terpenting

Jawaban.
D. terpenting
Perusahaan tipe pasif memiliki ciri mengedepankan strategi safety first dengan tujuan mempertahankan posisi perusahaan yang telah mapan, sehingga keamanan investasi/risiko bisnis merupakan faktor yang paling diperhatikan.

7) Kepemimpinan yang berorientasi pada ketertiban dan keteraturan jika dilihat dari aspek sumber daya manusia disimbolkan oleh dewa ….

A. Apollo
B. Zeus
C. Athena
D. Dionysus

Jawaban.
A. Apollo
Dewa Apollo adalah dewa ketertiban dan keteraturan, oleh karena itu kepemimpinan yang berorientasi ketertiban dan keteraturan disebut sebagai kepemimpinan dengan karakter apollo.

8) Kepemimpinan yang berorientasi untuk dengan segera menyelesaikan persoalan yang sedang dihadapi disebut sebagai kepemimpinan yang bersimbol dewa ….

A. Apollo
B. Zeus
C. Athena
D. Dionysus

Jawaban.
C. Athena
Kepemimpinan dengan karakter Athena mempunyai kecenderungan untuk memberi perhatian terhadap penyelesaian masalah organisasi dengan segera.

9) Kepemimpinan yang cenderung untuk hanya memiliki strategi yang bersifat sementara (ad hoc) dan tidak sistematis dilihat dari aspek pemasaran disebut sebagai kepemimpinan ….

A. prospektif
B. reaktif
C. defensif
D. analitis

Jawaban.
B. reaktif
Kepemimpinan yang bersifat relatif memiliki sikap yang tidak pasti dan konsisten ketika menghadapi perubahan lingkungan sehingga strategi yang diterapkan bersifat sementara dan tidak sistematis.

10) Kepemimpinan yang cenderung menunggu dalam meluncurkan produk baru dan di saat yang sama mengikuti produk yang dibuat oleh perusahaan pesaing disebut sebagai kepemimpinan ….

A. inovatif
B. agresif
C. pasif
D. imitatif

Jawaban.
D. imitatif
Kepemimpinan immitator menerapkan strategi meniru produkproduk yang terbukti sukses di pasar.

Kerjakanlah latihan berikut!

1) Jelaskan keterkaitan antara analisis lingkungan bisnis dengan analisis kekuatan dan kelemahan perusahaan!
Jawaban.
Ujung dari analisis lingkungan bisnis adalah diketahuinya peluang dan ancaman bisnis yang dihadapi perusahaan. Katakanlah ternyata lingkungan bisnis menyediakan peluang bisnis yang memadai. Ketika dilihat dari variabel ekonomi misalnya ternyata pendapatan masyarakat meningkat secara memadai. Di saat yang sama dilihat dari analisis lingkungan industri ternyata pesaing yang menjual produk sama atau serupa dengan milik perusahaan masih amat sedikit. Dengan demikian, sesungguhnya perusahaan memiliki peluang untuk tumbuh dengan signifikan. Akan tetapi ternyata di sisi lain, perusahaan tidak memiliki kekuatan modal kerja yang cukup untuk keperluan ekspansi. Dalam keadaan demikian, peluang bisnis yang telah disediakan oleh lingkungan
bisnis menjadi tidak berarti. Jika perusahaan kini tidak memiliki modal kerja yang cukup, tetapi misalnya perusahaan memiliki hubungan yang baik dengan perbankan dan oleh karena itu memiliki kemungkinan untuk dengan mudah mendapatkan pinjaman, dan ini kekuatan perusahaan, maka peluang bisnis tersebut tidak tersia-siakan. Dengan demikian, kekuatan dan kelemahan perusahaan menjadi salah satu penentu apakah perusahaan dapat memilih berbagai opsi strategi yang tersedia ketika berhadapan dengan peluang dan ancaman bisnis tertentu.

2) Apa yang dimaksud dengan analisis kekuatan dan kelemahan perusahaan dengan menggunakan pendekatan fungsional?
Jawaban.
Ada banyak pendekatan yang dapat digunakan untuk melakukan analisis kekuatan dan kelemahan perusahaan (KKP). Salah satu pendekatan klasik dan sekaligus paling populer adalah pendekatan fungsional. Pendekatan ini menyatakan bahwa untuk menilai perusahaan maka perusahaan tersebut perlu mengalami proses disagregasi dengan melihat empat macam manajemen fungsional yang ada, yakni pemasaran, keuangan, sumber daya manusia, dan operasi. Pada masing-masing manajemen fungsional tersebut dipilih hanya beberapa variabel saja yang dinilai memiliki pengaruh yang kuat dengan pencapaian kinerja perusahaan. Variabel itulah yang kemudian dievaluasi yang dijadikan dasar untuk menentukan apakah perusahaan memiliki keunggulan atau kelemahan. Hendaknya diingat bahwa ada kecenderungan untuk memilih banyak variabel. Yang lebih tepat sesungguhnya hanya memilih beberapa saja – antara tiga sampai enam variabel per manajemen fungsional.

3) Dilihat dari perspektif pemasaran dikenal adanya keunikan kepemimpinan prospector, analyser, defender, dan reactor. Pilih dua di antaranya, dan jelaskan!
Jawaban.
Kepemimpinan prospector adalah model kepemimpinan yang jika dilihat dari perspektif pemasaran memiliki karakter agresif. Orientasi perusahaan diarahkan untuk terus menerus tumbuh, dengan usaha peningkatan volume penjualan, pengembangan produk baru, dan peningkatan pangsa pasar yang dikuasai. Mereka terus saja berusaha untuk mendapatkan dan mengeksploitasi peluang bisnis baru. Kinerja yang sudah dicapai selama ini dinilai belum cukup dan oleh karena itu perlu ditingkatkan. Sedangkan kepemimpinan defender pada dasarnya memiliki karakteristik yang bertolak belakang dengan kepemimpinan prospector. Defender lebih berorientasi pada upaya mempertahankan pencapaian kinerja yang selama ini telah diraih. Perusahaan tidak
diarahkan untuk secara agresif menemukan peluang bisnis baru. Perusahaan hanya menawarkan sejumlah produk secara terbatas dan sekaligus berusaha menawarkannya dengan kualitas yang secara bertahap lebih baik dengan tidak harus diikuti dengan peningkatan harga. Perusahaan tidak dididik untuk memiliki kebanggaan terhadap pengembangan teknologi dan akibatnya pengembangan produk baru relatif lambat.

4) Tumbuh-Otokratis adalah salah satu jenis keunikan kepemimpinan dalam perusahaan. Jelaskan apa yang dimaksudkan dengan model kepemimpinan tersebut dilihat dari keempat macam manajemen fungsional?
Jawaban.
Tumbuh-Otokratis (T-O) dicirikan oleh sikap agresif dalam memilih strategi manajemen fungsionalnya. Dilihat dari aspek pemasaran, mereka
berorientasi pada pertumbuhan yang diwujudkan dalam pengembangan produk baru, pengembangan wilayah pemasaran, dan peningkatan pangsa pasar yang dikuasai. Dilihat dari aspek keuangan, kepemimpinan ini memiliki keberanian mengambil risiko, baik risiko bisnis maupun finansial. Tidak segan-segan melakukan tambahan investasi, sepanjang dinilai memiliki kemungkinan return yang tinggi. Pertimbangan risiko tidak mengedepan, pertimbangan kemungkinan tambahan pendapatan lebih mengemuka. Dilihat dari sisi manajemen sumber daya manusia, TO ditandai oleh adanya kepemimpinan yang kuat dan karismatik yang cenderung sentralistik dalam pengambilan keputusan. Tuntutan terhadap kepatuhan sangat tinggi. Dilihat dari aspek operasi, T-O lebih
mengedepankan inovasi yang dianggapnya sebagai pembuka pintu untuk merebut peluang bisnis. Pengembangan teknologi dan kemungkinan sebagai penentu aturan main di pasar menjadi demikian penting.

Latihan Soal Ujian UT EKMA4414 Manajemen Stratejik KB 4 Beserta Kunci Jawaban 4.5 5 Bank Soal Universitas Terbuka Friday, August 23, 2019 Latihan Soal Ujian UT EKMA4414 Manajemen Stratejik KB 4 Beserta Kunci Jawaban Pilihlah satu jawaban yang paling tepat! 1) Pendekat...



No comments:

Post a Comment