Tutorial Online 23 Maret - 17 Mei 2020. Unggah Karya Ilmiah 4 Mei - 8 Juni 2020. Ujian Akhir Semester dan Ujian Tugas Akhir Program 14, 20 dan 21 Juni 2020. Pengumuman Nilai Mata Kuliah 26 Agustus 2020

Latihan Soal Ujian UT EKMA4414 Manajemen Stratejik KB 5 Beserta Kunci Jawaban

 on Saturday, August 24, 2019  

Latihan Soal Ujian UT EKMA4414 Manajemen Stratejik KB 5 Beserta Kunci Jawaban

EKMA4414 Manajemen Stratejik KB 5


Pilihlah satu jawaban yang paling tepat!

1) Tingginya penggunaan matriks TOWS-K salah satunya disebabkan oleh ….

A. kesederhanaan perancangannya
B. kemudahan penggunaannya
C. penemuan pertama kali
D. keterkenalan penemunya

Jawaban.
A. kesederhanaan perancangannya
Keunggulan dari matriks TOWS-k adalah kesederhanaan dalam melakukan penyusunannya.


2) Kini ada kecenderungan orang lebih sering menggunakan sebutan matriks TOWS dibanding matriks SWOT, karena mereka mempertimbangkan bahwa ….

A. keseimbangan antara unsur TO dan SW
B. sebutan tersebut lebih lazim
C. unsur SW lebih dominan dibanding TO
D. unsur TO dinilai lebih dominan dibanding SW

Jawaban.
D. unsur TO dinilai lebih dominan dibanding SW
Orang-orang yang memberi sebutan TOWS memandang ancaman dan peluang bisnis (Threat & Oportunity) yang datang dari lingkungan bisnis sebagai variabel yang lebih signifikan dalam mempengaruhi kinerja perusahaan.

3) Sel pertama dalam matriks TOWS-K berisi inventori ….

A. keunggulan dan kelemahan perusahaan
B. peluang dan ancaman bisnis yang dihadapi oleh perusahaan
C. kekuatan yang berhasil dibangun oleh perusahaan
D. peluang bisnis yang dimiliki oleh perusahaan

Jawaban.
C. kekuatan yang berhasil dibangun oleh perusahaan
Sel 1 dari TOWS-K berisi inventori kekuatan (5) yang berhasil dibangun oleh perusahaan.

4) Strategi bisnis yang merupakan kombinasi antara variabel S dan O disebut sebagai strategi ….

A. maksi-maksi
B. mini-mini
C. maksi-mini
D. mini-maksi

Jawaban.
A. maksi-maksi
Strategi SO disebut maksi-maksi karena manajemen mencoba menggunakan apa yang serba positif (maksimal) yang kini dimiliki.

5) Strategi bisnis yang berasal dari kombinasi antara variabel W dan T disebut sebagai strategi ….

A. maksi-maksi
B. mini-mini
C. maksi-mini
D. mini-maksi

Jawaban.
B. mini-mini
Strategi WT disebut mini-mini karena kedua variabel yang ada bersifat minimal.

6) Pada dasarnya proses penyusunan matriks TOWS-K dan SWOT-4K dan implikasi strategis yang ditimbulkannya adalah ….

A. sama
B. serupa
C. bertolak belakang
D. berbeda

Jawanan.
B. serupa
Proses penyusunan matriks TOWS – K dan SWOT-4K beserta implikasi strategisnya serupa, lihat lagi penjelasan dalam modul.

7) Kuadran satu dalam matriks SWOT-4K adalah bidang yang terbentuk oleh potongan sumbu ….

A. kekuatan perusahaan dan ancaman bisnis
B. kekuatan perusahaan dan peluang bisnis
C. kelemahan perusahaan dan peluang bisnis
D. kekuatan dan kelemahan perusahaan

Jawanan.
B. kekuatan perusahaan dan peluang bisnis
Kuadran I adalah perpotongan antara kekuatan perusahaan dan peluang bisnis

8) Kuadran tiga dalam matriks SWOT-4K adalah bidang yang terbentuk oleh potongan sumbu ….

A. peluang dan ancaman bisnis
B. kekuatan perusahaan dan ancaman bisnis
C. kelemahan perusahaan dan ancaman bisnis
D. kekuatan dan kelemahan perusahaan

Jawanan.
C. kelemahan perusahaan dan ancaman bisnis
Kuadran III adalah perpotongan antara kelemahan perusahaan dan ancaman bisnis.

9) Strategi bisnis yang disarankan untuk dipilih bagi manajemen yang memiliki perusahaan yang berada pada kuadran dua adalah ….

A. strategi pertumbuhan
B. strategi penyehatan
C. strategi diversifikasi
D. strategi stabilisasi

Jawanan.
D. strategi stabilisasi
Strategi stabilisasi sesuai untuk perusahaan di kuadran II.

10) Strategi bisnis yang diseyogiakan untuk diimplementasikan bagi manajemen yang memiliki perusahaan yang berada pada kuadran empat adalah ….

A. strategi diversifikasi
B. strategi pertumbuhan
C. strategi penyehatan
D. strategi stabilisasi

Jawanan.
A. strategi diversifikasi
Strategi diversifikasi sesuai untuk perusahaan di kuadran IV.

Kerjakanlah latihan berikut!

1) Jelaskan apa yang dimaksud dengan matriks TOWS-K?
Jawaban.
Matriks TOWS-K adalah matriks 8 sel yang diperkenalkan oleh Weihrich pada tahun 1982. Empat sel berisi inventori variabel internal dan eksternal, sedangkan empat sel lain merupakan pilihan strategi yang tersedia sebagai implikasi dari berbagai kemungkinan kombinasi antar sel dari empat sel inventori keunggulan dan kelemahan perusahaan dengan peluang dan ancaman bisnis. Sel 1 dan 2 berturut-turut berisi daftar kekuatan dan kelemahan perusahaan, sedangkan sel 3 dan 4 berisi peluang dan ancaman bisnis. Sel 5 berisi pilihan strategi yang terbentuk oleh sel S dan O, sel 6 berisi pilihan strategi yang terbentuk oleh sel W dan O. Sel 7 adalah sel yang berisi pilihan strategi yang terbentuk oleh sel S dan T, sedangkan sel 8 adalah sel yang berisi pilihan strategi yang terbentuk oleh sel W dan T.

2) Tunjukkan keunggulan dan kelemahan matriks TOWS-K!
Jawaban.
Keunggulan dan kelemahan matriks TOWS-K terletak pada karakter kesederhanaan yang dimiliki. Matriks tersebut disusun hanya berdasarkan penilaian kualitatif terhadap perusahaan yang dilakukan oleh manajemen, baik terhadap variabel internal maupun eksternal perusahaan. Tidak memerlukan teknik dan perhitungan yang rumit. Anggapan yang digunakan adalah manajemen telah benar-benar mengetahui secara detail seluk beluk pengelolaan perusahaan yang dipimpinnya. Oleh karena itu, sekalipun hanya bersifat kualitatif, penilaian yang dilakukan manajemen dapat dipertanggung jawabkan. Dilihat dari sisi lain, kesederhanaan ini pula yang menjadi sumber kritik terhadap matriks ini. Kesederhanaan juga menyimpan kemungkinan kelemahan dan kesalahan.

3) Cobalah lakukan perbandingan – persamaan dan perbedaan – antara matriks TOWS-K dengan matriks SWOT-4K!
Jawaban.
Pada dasarnya dapat dikatakan bahwa matriks TOWS-K dan SWOT-4K serupa. Kedua matriks tersebut disusun dengan mempertimbangkan variabel internal dan eksternal perusahaan. Dari variabel internal diketahui keunggulan dan kelemahan perusahaan, sedangkan dari variabel eksternal (lingkungan bisnis) dapat diketahui peluang dan ancaman bisnis. Jadi pada mulanya, kedua matriks tersebut hanya berisi inventori variabel-variabel tersebut. Setelah itu dilakukan kombinasi antar variabel. Dari kombinasi antar variabel tersebut dapat ditemukan strategi yang dapat menjadi pilihan manajemen. Tetapi matriks SWOT-4K disusun sedikit lebih kuantitatif dibanding matriks TOWS-K. Setelah inventori variabel ditemukan, variabelvariabel tersebut diberi bobot dan nilai yang kemudian dihitung nilai tertimbangnya. Selisih antar variabel dalam kelompok internal dicari: kekuatan dikurangi dengan kelemahan perusahaan. Demikian pula dicari selisih antar variabel dalam kelompok lingkungan bisnis: peluang dikurangi ancaman. Dari sinilah ditemukan posisi perusahaan dalam salah satu kuadran dan digunakan sebagai dasar perancangan strategi bisnis. Tetapi hendaknya diingat bahwa strategi yang ditemukan sebagai ujung perancangan matriks juga relatif serupa.Misalnya strategi maksimaksi pada matriks TOWS-K memiliki makna serupa dengan strategi pertumbuhan yang berada dalam kuadran pertama matriks SWOT-4K. Keserupaan yang lain silakan Saudara temukan sendiri, dengan tetap mengingat bahwa tidak semua empat pilihan strategi memiliki derajat keserupaan yang sama.

4) Coba tunjukkan berbagai area pengembangan yang dapat digunakan  untuk mengaplikasikan matriks SWOT-4K? Uraikan jawaban Saudara dengan relatif detail!
Jawaban.
Pada mulanya matriks SWOT-4K digunakan untuk mendesain strategi pada tingkatan korporat, yakni perusahaan yang telah memiliki banyak unit usaha strategis. Dalam praktiknya di kemudian hari, ternyata matriks tersebut juga sering digunakan untuk menyusun strategi bisnis pada tingkatan unit usaha strategis atau pada perusahaan yang hanya memiliki satu unit usaha strategis saja. Dalam konteks ini hendaknya pembuat desain strategi perlu lebih berhati-hati ketika ternyata pilihan strategi yang tersedia misalnya justru menyatakan perlunya diimplementasikan strategi divestasi. Pada tingkatan korporat implementasi strategi tersebut memiliki risiko bisnis yang lebih kecil jika
dibanding dengan jika diimplementasikan pada perusahaan yang hanya memiliki satu unit usaha strategis. Dalam perkembangannya lebih jauh, matriks SWOT-4K ternyata juga digunakan untuk merumuskan strategi pada tingkatan produk atau kombinasi produk yang dihasilkan perusahaan.

Latihan Soal Ujian UT EKMA4414 Manajemen Stratejik KB 5 Beserta Kunci Jawaban 4.5 5 Bank Soal Universitas Terbuka Saturday, August 24, 2019 Latihan Soal Ujian UT EKMA4414 Manajemen Stratejik KB 5 Beserta Kunci Jawaban Pilihlah satu jawaban yang paling tepat! 1) Tingginy...



No comments:

Post a Comment